Syaiful-ali's Blog

berbagi informasi dan pengetahuan

Apa itu Enterprise systems?

Tinggalkan komentar

Istilah Enterprise systems (ES) paralel dengan enterprise-wide information systems dan juga enterprise information systems. Tidak seperti SIA yang hanya fokus pada satu fungsi yaitu fungsi akuntansi, ES meliputi semua fungsi yang ada dalam suatu perusahaan. ES menyatukan fungsi proses bisnis dan informasi dari semua fungsi seperti pemasaran, penjualan, penerimaan kas, penjualan, pengeluaran kas, sdm, produksi dan logistik. Karena mengintegrasikan semua fungsi yang ada, maka informasi yang dihasilkan oleh ES lebih berkualitas (lebih terkoordinasi, lebih akurat, lebih up-to-date, dlsb). Informasi yang lebih berkualitas diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik untuk perusahaan.

Bicara tentang enterprise systems (ES) tidak bisa lepas dari istilah enterprise resource planning (ERP). ERP adalah istilah generik untuk setiap paket software yang mendukung ES. Beberapa top vendor ERP antara lain: Oracle, SAP, Lawson, Infor, Microsoft Dynamics, dan Saga Group.

Produk ERP dirancang untuk mengintegrasikan semua fungsi bisnis utama dalam organisasi. Misalnya, SAP Business Suite. Inti dari software ini meliputi modul (1) Sales and Distribution (SD), (2) Material Management (MM), (3) Financial Accounting (FI), (4) Controlling and Profitability Analysis (CO/PA), dan Human Resource (HR). Modul di luar modul inti tersebut yaitu SRM (supplier relationship management), PLM (product life cycle management), SCM (supply chain management) dan CRM (customer relationship management). Dapat dilihat disini banyaknya modul yang dijual oleh SAP. Suatu perusahaan yang ingin mengadopsi SAP dapat membeli satu, beberapa atau semua modul yang ada. Ini tergantung kebutuhan masing2 perusahaan. Yang jelas biaya untuk itu tidaklah murah.

Bagi anda yang ingin belajar ERP software misalnya SAP atau Oracle, cara yang paling efesien dan efektif ialah dengan bekerja pada perusahaan konsultan yang terlibat dalam pengimplementasian sofware ERP dalam suatu perusahaan. Atau dengan bekerja pada perusahaan yang sedang dalam proses persiapan penggunaan ERP. Anda bisa ikut kursus ERP. Tapi cara terakhir ini adalah mahal dan tidak efektif. Learning by doing is the best way in learning anything. Juga tidak perlu (dan tidak harus) menguasai semua modul yang ada. Untuk lulusan akuntansi, modul yang jadi fokus biasanya modul Financial Accounting (FI) dan Controlling and Profitability Analysis (CO/PA) saja.

Apakah ES selalu baik untuk perusahaan? Belum tentu. Berikut kebaikan2 dari ES:

- database tunggal, sistem terintegrasi, orientasi proses, standardisasi proses bisnis dan data sehingga mudah untuk dipahami di seluruh bagian perusahaan, proses bisnis yang lebih cepat, manajemen keuangan yang lebih baik, seragam dalam melayani konsumen, pengurangan persediaan, meningkatkan manajemen kas, peningkatan produktivitas, pengurangan karyawan (bagus untuk perusahaan, nasib buruk untuk karyawan yang di PHK), integrasi informasi, dan sarana untuk rancang ulang proses bisnis yang tidak efesien.

Tidak ada suatu hal yang sempurna di dunia ini, jadi ES pun punya kelemahan2:

- ketidakmampuan untuk mendukung proses bisnis yang unik yang mungkin merupakan proses bisnis terbaik untuk suatu perusahaan, kehilangan fleksibilitas untuk adaptasi setelah era implementasi ES, peningkatan kompleksitas keamanan dan pengendalian. Keburukan lainnya yaitu implementasi ES tidak selalu berhasil (banyak kisah kegagalan implementasi yang bisa membuat perusahaan krisis bahkan bangkrut!), praktik terbaik dalam ES dapat dimiliki oleh setiap perusahaan yang bisa membeli (akibatnya hilangnya keuntungan kompetitif), ES sulit untuk diadaptasikan, masa implementasi yang lama, dan tidak memenuhi semua kebutuhan perusahaan (karena ES dibuat untuk tipe perusahaan yang umum ada).

Demikian. Semoga bermanfaat.

sumber: Accounting Information Systems, 2010 (Gelinas Dull)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.