Syaiful-ali's Blog

berbagi informasi dan pengetahuan

Kamus elektronik (gratis) bahasa Inggris

3 Komentar

Menurut seorang pengajar bahasa Inggris (native speaker), salah satu kunci paling penting untuk belajar bahasa Inggris ialah memahami arti dari kata bahasa Inggris. Dengan kata lain, koleksi kosa kata bahasa Inggris sangat penting dalam kesuksesan belajar bahasa Inggris. Tentu saja pemahaman grammar bahasa Inggris juga penting.

Kamus yang paling baik menurut saya ialah kamus Oxford Advanced Learner’s. Kamus ini menyediakan cara pelafalan kata, arti kata, contoh kalimat dengan menggunakan kata terkait, synonim kata dll.

Namun, sering kali saat kita membaca di layar komputer, kita tidak membawa kamus tersebut atau tidak nyaman karena harus membuka kamus lalu beralih lagi pada bacaan di layar komputer.

Solusi yang saya pakai ialah dengan menggunakan kamus elektronik bahasa Inggris. Ada banyak sekali kamus jenis ini di Internet. Tentu saja yang saya maksud kamus yang free alias gratis. Dari sekian pilihan, saya sejak setahun terakhir menggunakan kamus elektronik WordWeb.

Bagi yang tertarik Anda bisa klik alamat ini: Kamus WordWeb

Anda download file dari website tersebut ke komputer Anda, dan Install.
Kamus ini cukup baik, menyediakan kategori grammar (noun, verb, adjective, adverb) untuk suatu kata, synonim, dan contoh suara pelafalan kata terkait.

Membuka/menggunakan kamus ini pun sangat baik menurut saya. Jika kita menemukan kata di layar komputer yang kita tidak tahu artinya, kita tinggal arahkan kursor mouse di kata terkait, tekan Ctrl dan Klik kanan Mouse secara bersamaan. Kamus akan langsung terbuka dan menampilkan kata yang kita cari tersebut.

Jika kita pakai word processor software (ms word), kita bahkan bisa langsung copy kata yang kita inginkan dari menu kamus tersebut.

Terakhir, kamus ini setiap periode tertentu (6 bulan atau 1 tahun) akan bertanya berapa kali Anda terbang ke luar negeri? Ada beberapa pilihan tersedia. Tolong jawab saja, kurang dari sekali. Jika Anda jawab lebih dari sekali, kamus elektronik ini akan secara otomatis disabled/tidak bisa dipakai di komputer Anda. Karena diasumsikan, Anda punya banyak uang dan semestinya bisa beli versi bayar dari kamus ini🙂

Demikian. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Kamus elektronik (gratis) bahasa Inggris

  1. thks infonya bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s