Syaiful-ali's Blog

berbagi informasi dan pengetahuan

Beda PhD program antara Australia dan US

Tinggalkan komentar

Saya ingin sedikit mengulas perbedaan antara PhD program di Australia dan di US.

Perlu dipahami jumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Australia semakin lama semakin besar. Tahun 2009 ini diperkirakan sekitar 15 ribu pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di Australia. Adapun jumlah pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di US semakin lama semakin berkurang (sekitar 5 ribu pelajar di tahun 2009). Ini disebabkan oleh makin mahalnya dollar US dan juga akibat pembatasan visa masuk ke US karena kejadian nine eleven.

Syarat Masuk
PhD program di Australia mengasumsikan calon mahasiswa (cama) adalah individu yang sudah siap untuk menempuh studi PhD. Hal ini dapat dilihat dari persyaratan2 yang pada umumnya diminta oleh universitas besar di Australia (yang masuk 8 besar univ.). Syarat yang diminta biasanya, cama harus mempunyai gelar Bachelor with honors, atau M.Phil, atau Master (by course-work) yang punya pengalaman riset dan punya publikasi. Publikasi bisa publikasi dalam negeri (Indonesia) atau luar negeri (lebih baik). Syarat yang lain adalah syarat umum spt nilai TOEFL/IELT, dan juga GMAT Score. Untuk syarat GMAT, ini tidak mutlak. Ada pengecualian untuk kasus-kasus tertentu.

Untuk PhD program di US, cama tidak diharuskan mempunyai pengalaman riset, publikasi pada jenjang pendidikan sebelumnya. Biasanya, nilai GMAT score adalah salah satu point paling penting dalam proses penerimaan ini.

Proses Belajar

Program PhD di Australia menganggap cama yang diterima dalam program PhD telah siap untuk memulai risetnya. Jika oleh komite PhD program masih dianggap belum siap, si mahasiswa diminta untuk mengambil kuliah sebanyak 1 s.d 2 semester (sekitar 1 s.d 5 matakuliah). Matakuliah yang harus diambil tersebut biasanya spt metodologi penelitian, statistika, seminar, qualitative research. Namun, hal ini tidak standar. Tergantung dari kondisi si mahasiswa. Ada yang ketika diterima program Phd, langsung tancap gas membuat riset proposal, namun ada juga yang harus ambil 5 matakuliah dulu (dengan nilai minimum 6-dari maksimal 7), baru boleh menulis proposal penelitian.

Untuk kasus US, semua mahasiswa dianggap sama latar belakang riset skills-nya. Mereka harus mengikuti kuliah secara terstruktur selama 2 tahun. Nilai mereka harus baik. Setelah lulus ujian di akhir tahun ke-2, mereka akan masuk periode penulisan proposal penelitian.

Proses Penelitian

Pada tahap ini, kedua program PhD di Australia dan US bisa dikatakan sama. Hanya saja, di Australia batasan masa kuliah ialah antara 3 s.d 4 tahun. Sedangkan di US, masa kuliah terhitung dari awal masuk s.d selesai antara 4 s.d 7 tahun. 2 tahun kuliah terstruktur, 2 s.d 5 tahun penelitian.

Proses Akhir

Pada akhir masa studi PhD di Australia, mahasiswa akan mempresentasikan penelitiannya di depan dewan penguji. Dewan penguji akan mereview thesis PhD antara 3 s.d 6 bulan. Nanti akan diumumkan apakah mahasiswa tersebut lulus dengan minor atau major revision. Setelah revisi dilakukan, maka resmilah si mahasiswa tersebut menyandang gelar PhD di belakang namanya.

Untuk US, mahasiswa akan langsung presentasi (defence) thesis PhD-nya di depan dewan penguji. Hasil akhir akan langsung diberitahu pada akhir proses defence ini, apakah mahasiswa langsung bisa menyandang gelar PhD atau harus melakukan revisi.

Itu adalah sekilas perbedaan program PhD antara Australia dan US. Mungkin ada di antara pembaca yang ingin menambahkan, mengkoreksi? Silahkan.

Yang jelas makin banyak orang Indonesia yang mengambil program PhD di Australia saat ini. Ini berkat program beasiswa S3 Luar Negeri Dikti, beasiswa pemerintah Australia (ADS, ALA, IPRS), atau beasiswa dari sumber lainnya (institusi pengirim, Univ. yang dituju).

Demikian. Semoga ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s