Syaiful-ali's Blog

berbagi informasi dan pengetahuan

Bicara dengan bahasa Inggris? Mengapa tidak?

3 Komentar

Ada yang bilang bicara adalah salah satu hal yang paling menantang dalam belajar suatu bahasa. Pertama kita harus paham aturan2 tata bahasanya, harus tahu cara mengucapkan kata2/dialek dengan benar, harus tahu kapan menggunakan bahasa formal/informal, dan harus2 yang lainnya.

Bicara dalam bahasa Inggris juga demikian. Rata-rata pelajar di Indonesia jika diminta untuk bicara dalam bahasa Inggris akan merasa enggan. Karena enggan bicara dalam bahasa Inggris (karena takut salah dan malu) akhirnya tidak pernah praktik bicara. Karena tidak pernah praktik bicara in english, akhirnya tidak akan pernah menguasai spoken english dengan baik.

Saya pun (dulu) merasa demikian. Sudah belajar  bahasa Inggris sejak SMP s.d kuliah di semester 2 (sekitar 7 tahun!) merasa tidak nyaman speaking in english. Tapi sekarang saya berpendapat kalau saya tidak mau praktik speaking in English, kapan saya akan bisa?🙂

Saya kira speaking skills in english sekarang adalah hal yang sudah jamak jika kita ingin menjumpai pintu2 kesempatan terbuka lebih banyak dan lebar. Di era Internet sekarang ini banyak sekali sumber2 yang baik dan gratis untuk belajar speaking in english.

Saya menemukan satu sumber di Internet yang saya kira paling saya rekomendasikan buat Anda yang ingin belajar/praktik speak in english. Tautan/link website tersebut ada di kateogri ‘speaking english’ pada blog ini.

Saran saya, download-lah semua file MP3 tersebut, lalu simpan di (mobile) MP3 player Anda. Lalu dengar dan praktik bicara bahasa Inggris setiap hari. Paling tidak 10 menit.

Menurut Marriane, orang baik hati dari Grenoble, France yang membuat bahan2 tersebut, bicara dalam bahasa Inggris adalah seperti latihan olahraga. Kita harus mempraktikan gerakan2 yang sama setiap hari dalam latihan olahraga.

Sumber lainnya ialah video2 di Youtube oleh Mister Duncan in England. Jika Anda ketik di search field youtube  ‘English speaking’ akan muncul link video-nya Mister Duncan itu. Ada sekitar 53 video yang saya kira sangat baik untuk latihan listening dan juga speaking in English.

Belajar bicara bahasa Inggris itu jangan takut berbuat salah. Semakin banyak berbuat salah, berarti semakin banyak kita belajar🙂. Dan itu baik. Perbanyak koleksi kosakata bahasa Inggris Anda. Ingat, ada dua hal utama dalam usaha kita belajar bicara dalam bahasa Inggris: practice and confidence, latihan dan percaya diri.

Semoga ada manfaatnya.

3 thoughts on “Bicara dengan bahasa Inggris? Mengapa tidak?

  1. Thanks mate, it is good information and encourage me to speak english confidently. That is right, more mistakes in speaking more lessons we get. I’ll try to find and download those videos.

  2. lok bisa dikasih link buat download mp3 speaking english-nya boz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s